Cara Mudah Budidaya Kelinci Rex

Cara Mudah Budidaya Kelinci Rex

Kelinci rex dan kelinci flemish giant merupakan salah satu jenis kelinci hias yang memiliki jumlah peminat cukup banyak jika dibandingkan dengan kelinci hias jenis lainnya. Kelinci rex sangat memikat hati karena memiliki bulu yang sangat indah.

Karena memiliki jumlah peminat yang lebih banyak, saat ini banyak sekali bermunculan para pengusaha yang membuka budi daya kelinci rex. Jika Anda berpikir budi daya kelinci merupakan usaha yang sulit dan rumit, maka anggapan tersebut sangat salah. Banyak sekali metode budi daya kelinci yang bisa diaplikasikan dengan mudah lho!

Dengan banyaknya metode yang bisa diaplikasikan dengan mudah, membuat usaha budi daya kelinci rex sangat memiliki peluang yang cukup menjanjikan.

Kelinci termasuk hewan yang mudah untuk dijinakkan, mudah beradaptasi, dan cepat untuk berkembangbiak. Dalam sekali melahirkan, seekor kelinci bisa melahirkan 8 – 12 anak kelinci. Oleh karena itu, simak cara mudah budi daya kelinci di bawah ini :

  • Mempersiapkan Kandang

Untuk bisa membudiayakan kelinci rex dengan lancar, hindari menggunakan kandang yang berdekatan dengan lokasi predator seperti kucing atau anjing dan hindarkan dari suasana yang bising. Buat alas kandang yang dapat menjatuhkan kotoran ke bawah agar kandang tetap terjaga kebersihannya.

  • Memilih Indukan Kelinci

Pilihlah kelinci yang berusia 4 – 6 bulan karena usia tersebut menunjukkan jika kelinci sudah siap untuk dikawinkan. Hindari memilih indukan yang memiliki cacat tubuh atau penyakit. Pilihlah indukan yang bergerak secara wajar untuk melihat tingkat kesehatannya.

  • Persiapan Pakan

Pemberian pakan yang baik untuk kelinci rex dilakukan sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore. Hindari pakan yang berupa biji-bijian, kentang, jagung, bawang-bawangan, dan kol karena tidak cocok dengan pencernaan kelinci rex. Usahakan untuk memberikan sayur dengan warna hijau.

  • Lakukan Perawatan Rutin

Perawatan yang dilakukan secara rutin akan bisa menjaga kebersihan kelinci. Dengan kondisi yang terawat maka kelinci tidak akan mudah stres. Lakukan perawatan berupa memotong kuku, menyisir bulu secara rutin, dan mandikan.

  • Mencegah Dari Ancaman Penyakit

Bila diketahui ada beberapa kelinci rex yang terserang penyakit, pisahkan dari kawanan yang lain. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan penularan penyakit kepada kelinci yang lainnya. Segera konsultasikan ke dokter hewan agar mendapatkan penanganan yang terbaik.

Itulah beberapa cara mudah budi daya kelinci rex yang harus selalu diperhatikan dan dilakukan demi mendapatkan hasil yang optimal. Selalu berikan yang terbaik untuk kelinci yang Anda budidayakan karena dengan perawatan yang baik akan menghasilkan kelinci rex yang berkualitas baik.